Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP dan Langkah-Langkah Membuatnya 2016 - 2017 - Kampung Inggris Bandung - WE English

INFO KURSUS

PROGRAM

Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP dan Langkah-Langkah Membuatnya 2016 - 2017

Cara Menulis Essay LPDP Peranku
Kontribusiku Untuk Indonesia dan Strateginya

Oleh Ade Suyitno MBA Candidate
Awardee LPDP 2015
Sumber Gambar : swanwickwritersschool.co.uk
Menulis Essay peranku untuk Indonesia pada proses seleksi beasiswa pendidikan indonesia LPDP dari kementrian keuangan merupakan hal yang paling keren menurut saya. Disini kita akan berfikir hal apa saja sih yang sudah dan yang akan kita lakukan untuk Indonesia. Kan biasanya kita boro-boro ya mikir kaya ginian Hahaha #kidding. Ya pasti kadang kita berfikir mau jadi apa tapi kan ga seserius saat meu menulis essay LPDP ini. Mau ga mau Kita akan dituntut untuk merenenung tentang bagaimana sih diri kita pada masa lalu dan telah melakukan apa aja baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat.
Kemudian kita harus berfikir dan memantapkan diri kedepan kita mau jadi apa dan akan berperan untuk Indonesia dalam bidang apa. Seru pastinya kan tapi bukan seru kaya mengarang bebas pelajar bahasa Indonesia saat Sekolah Dasar ya beda banget pastinya. Disini kita harus bisa merangkai semua hal yang sudah kita lakukan dan rencana kedepan dalam sebuah essay yeng terbatas hanya 700 kata saja. Jadi kita harus benar-benar pintar untuk menyelaraskannya setiap paragraf dan setiap kalimat agar menjadi sebuah essay yang utuh, menarik dan jelas.
Banyak yang sudah menulis tentang cara menulis essay LPDP peraku untuk Indonesia atau tips strategi menulis essay LPDP Peranku untuk Indonesia dari berbagai awardee atau penerima LPDP hingga beberapa orang memperlihatkan essay nya saat seleksi beasiswa ke umum. Disini saya secara berbeda dan khusus akan menuliskan kerangka yang biasa digunakan oleh para penerima beasiswa LPDP, AAS, Fullbright, Aminef, Erasmus dll setelah saya pelajari belasan contoh essay. Kemudian di kombinasikan dengan pengalaman saya saat menulis essay LPDP Peranku Untuk Indonesia dan Strateginya. Harapannya kalian bisa mengembangkan sendiri dan jangan terpengaruh apalagi mencontek essay senior Hahaha. Cukup pelajari kerangkanya aja ya.
Satu strategi paling utama adalah saat menerangkan essay ini kita harus bisa membuat garis utama cerita yang akan menjadi panduan dalam 700 kata ini. Akan ada 3 hal besar yang akan kita ceritakan dalam essay LPDP peranku untuk Indonesia :
  1. Dimasa lalu kita sudah melakukan apa saja ?
  2. Dimasa sekarang kita melakukan apa saja ?
  3. Dimasa mendatang kita akan melakukan apa saja ?
Tiga pertanyaan besar itulah yang wajib ada dalam tulisan kalian saat menulis essay LPDP. Teman-teman harus menuliskannya secara utuh, menarik, jelas dan saling berkaitan. Kelihatannya sulit memang tapi kalian pasti bisa dengan cara segera mencoba menulis dan meminta senior atau awardee LPDP yang sudah lolos seleksi untuk mengoreksinya.
Poin-poin penting yang harus ada dalam essay LPDP peranku untuk Indonesia :
  1. Mulailah dengan menceritakan hal-hal kecil yang ada disekitarmu bisa desa, kosan atau sekitar kampus yang mempunyai nilai penting dan kamu berperan disitu.
  2. Ceritakan kejadian masa lalu yang menurutmu berpengaruh bagi hidupmu sekarang. Bisa tentang tantangan dalam ekonomi keluarga, kampung halaman yang terpencil, teman di kampung yang tidak kuliah dll.
  3. Tetapkan visi mu kedepan mau jadi apa. Nah seluruh essay yang kamu ceritakan harus mendukung visi/ cita-cita kamu. Ceritakan dengan jujur dan konsisten bahwa apa yang kamu lakukan sekarang adalah menuju cita-cita kamu di masa depan.
  4. Ceritakan diri kamu saat kuliah dalam kegiatan akademik dan organisasi apa pencapaianmu namun jangan terlalu ingin terlihat hebat atau menggebu-gebu dan harus tetap dengan bahasa yang merendah dan enak dibaca.
  5. Ceritakan kegiatan sosial/akademik yang kamu lakukan dilur kampus biasanya dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
  6. Ceritakan peran-peran yang dimana kamu menjadi pemimpin dan apa hasilnya. Ceritakan walau hanya dalam kepanitian kecil atau kegiatan sosial yang kecil yang hanya melibatkan 5 orang misalnya namuan kamu jadi project leader disitu. Misalnya mengajar membaca dan bimbel gratis bagi anak-anak tetangga yang kurang mampu. Jika anda punya aktivitas kepimimpinan dalam program yang lebih besar juga sangat disarankan untuk diceritakan. Pada dasarnya kepemimpinan yang dinilai dan dampaknya.
  7. Ceritakan hal-hal yang kamu anggap besar dan terbaik yang telah kamu lakukan dan apa hasil/dampaknya setelah kamu lakukan itu.
  8. Ceritakan setelah lulus kuliah kamu “mau jadi apa” dengan jurusan S2/S3 yang diambil
  9. Kedepan kamu akan “berkontribusi” untuk lingkungan sekitar dengan “cara apa”
  10. Ceritakan “cita-cita kontribusi terbesar” kamu untuk Indonesia.
Terima kasih telah membaca dan saya ucapkan mohon maaf jika banyak kekurangan. Ini hanyalah pengalaman kecil yang saya punya dan dibagikan dengan harapan bisa membantu banyak orang yang sedang berusaha menulis essay LPDP atau beasiswa lainnya. Silahkan untuk  membagikan tulisan ini banyak teman atau saudara kalian membutuhkan info ini. Terima Kasih.

Cara Menulis Essay Beasiswa LPDP dan Langkah-Langkah Membuatnya 2016 - 2017 Reviewed by KAMPUNG INGGRIS BANDUNG on 10:48 PM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Kampung Inggris Bandung - WE English © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.