Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 2016 - 2017 - Kampung Inggris Bandung - WE English

INFO KURSUS

PROGRAM

Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 2016 - 2017

 WE Academy - Saung English
TOEFL & IELTS Preparation, Speaking & Scholarship Interview
Kampung Inggris Bandung - Jl. Gegerarum 101 Kota Bandung. Further Info Click :
YouTube  I  Facebook  I  Twitter  I  Instagram  I  Foursquare  I  GoogleMaps

Tahapan II: Tahapan Seleksi Wawancara
Ini adalah tahap yang paling seru dalam seleksi beasiswa LPDP karena sebagian besar peserta gugur di tahap ini. Seleksi wawancara hanya bagi anda yang lolos seleksi administrasi. Tujuan utama adanya wawancara adalah untuk memvalidasi hal-hal yang kita tulis di form pendaftaran, pencapaian dan penghargaan yang kita miliki.

Setiap Peserta akan diwawancara oleh 2 orang Interviewer dari Bidang Keilmuan terkait (rata-rata bergelar profesor, minimal bergelar Dr) dan 1 orang Psikolog. Tujuan dari session interview ini adalah mengkonfirmasi secara detail data diri dan rencana studi kamu termasuk value-value yang kamu ceritakan dalam tulisan essay kamu.

Kedua interviewer dari Bidang Keilmuan terkait biasanya akan menggali lebih dalam rencana studi, detail proposal penelitian, hingga penguasaan ilmu terkait dengan rencana studi/penelitian yang kamu mintai dana. Sedangkan psikolog focus melihat aspek kejiwaan, kepribadian, dan potensi-potensi yang kamu miliki untuk berhasil dalam studi/penelitian dan menjadi agen perubahan seusai studi/penelitian. Lewat pertanyaan-pertanyaan yang saling mengkonfirmasi dari ketiga Interviewers dan file data yang telah dimilikinya, umumnya kelebihan-kelebihan dan kekurangan dari pelamar biasanya dapat kami ketahui. Pun, beberapa pelamar yang berbohong, berpura-pura, hingga memalsukan data biasanya akan dapat kami ketahui

Nilai dari ketiga interviewer akan dihitung dan dikonfirmasikan dengan nilai dokumen aplikasi.Proses wawancara ini umumnya dilakukan dengan cara Tatap Muka Langsung atau apabila pelamar sedang berada di luar negeri dilakukan Teleconference.

Tips :
1. Siapkan seluruh data asli Ijazah, pengalaman organisasi, sertifikat penghargaan dll
2. Datang ke tempat acara 1 jam sebelum jadwal agar tenang
3. Usahakan tidur cukup dan sarapan agar kita terlihat fresh saat wawancara
4. Gunakan pakaian yang rapih dan mencerminkan orang yang baik dan profesional
5.  Senyum dan berikan salam kepada interviewer
6. Jawab setiap pertanyaan dengan jujur dan jadilah diri sendiri
7. Setiap jedah antar pertanyaan pertahankan anda tetap tenang dan senyum
8. Jika ada pertanyaan yang membuat ada tersudutkan dan anda tidak bisa menjawab ucapkan terima kasih dan tidak usah ngeles
9. Hindari berprilaku ngotot tapi cukup perlihatkan bahwa kita pemuda yang semangat
10. Yakinkan kepada interviewer bahwa anda pantas mendapatkan beasiswa
11. Salam dan kasih senyuman sebelum anda meninggalkan tempat acara
12. Beberapa hari sebelum seleksi wawancara usahakan latihan dan cari pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul saat interview.

Menurut Suryana. Org menambahkan :
Wawancara dilakukan di sebuah ruangan luas (aula atau auditorium) dengan banyak meja. Tapi tenang saja, kita hanya menghampiri satu meja sesuai dengan nomor kelompok kita, di depan meja akan tertulis nomor, saya ada di kelompok 14 dari 16 kelompok (kalau tidak salah). 1 meja terdiri dari 3 interviewer yang terdiri dari 2 akademisi dan 1 psikolog dan saya baru menyadari sebelum masuk ruangan jika kita dikelompokkan sesuai dengan bidang keilmuan dan pastinya interviewer kita akan berasal dari rumpun keilmuan yang sama sebutlah kesehatan, teknik, ekonomi, bahasa dan budaya, agama, dan sebagainya.
Wawancara dapat dilakukan dalam 2 bahasa 50% English 50% Indonesia, atau 100% Indonesia, atau 100% English, jadi bersiap-siaplah dengan segala kemungkinan. Untuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, akan sangat berbeda antar satu orang dengan orang lainnya, namun dapat saya perkirakan (gak berani nulis “namun, dapat saya pastikan” haha) bahwa pertanyaan-pertanyaan berkisar :

  • Kehidupan pribadi (pekerjaan, keluarga (kadang bagian keluarga ini agak sensitif dan membuat perasaan mengharu biru), background pendidikan)
  • Motivasi melanjutkan studi (apabila kita apply ke luar negeri ditanya “kenapa gak di dalam negeri?’ apabila apply ke dalam negeri ditanya “kenapa gak ke luar negeri sekalian?” hehehe)
  • Mengapa mengambil program X di Universitas Y
  • Rencana studi (pastikan kita hapal sekali seluk beluk program yang akan kita ambil, universitas, sampai kota dan negara dimana kita akan kuliah)
  • Visi dan kontribusi kedepan untu Indonesia (pastikan visi yang akan kita paparkan sesuai dengan essay yang telah kita submit, apabila ada perubahan pandai-pandai merangkaikan benang merah pada visi di essay. Kita juga kemungkinan akan ditanya tentang kontribusi apa yang telah kita lakukan selama ini)
  • Sisanya hal-hal random (apabila kalian blogwalking, kalian akan menemukan orang-orang yang disuruh nyanyi lagu daerah/nasional, ditanya “apa kelebihan dan kekurangan kamu” “kenapa kamu pantas menerima beasiswa ini”, disuruh menari karena di CV-nya pernah ikut organisasi menari, menyebutkan Pancasila dalam bahasa inggris dan macam-macam lainnya – dan hal-hal random seperti inilah sebenarnya yang bikin saya nervous.)
Wawancara ini memakan waktu yang berbeda antar kandidat. Ada yang 45 menit bahkan lebih, ada yang hanya 15 menit sudah selesai. Lamanya waktu kita diwawancara tidak mengindikasikan apakah kita berhasil atau tidak. Hipotesa saya adalah :

  • Apabila waktunya lama bisa jadi : Performa kita menarik para interviewer sehingga mereka ingin tahu lebih banyak tentang diri kita atau interviewer merasa belum yakin terhadap diri kita sehingga mereka butuh informasi lebih banyak lagi dari kita
  • Apabila waktunya sebentar bisa jadi : Performa kita baik, sehingga interviewer puas dengan kita dan merasa tak perlu membuang waktu lebih lama dengan menanyakan hal lainnya atau bisa jadi kita tak menarik sedari awal sehingga mereka merasa tak ada yang perlu digali lagi dari kita lebih dalam.
 Penjelasan dan strategi lolos beasiswa LPDP lengkap silahkan buka,
Related Posts:
1.  "Intensive 100 Hours" TOEFL/IELTS Preparation, Job Int & Academic Speaking 2016
2.  Tips Lolos Administrasi Beasiswa LPDP
3.  Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 
4.  Tips Lolos LGD Beasiswa LPDP 
5.  Tips Lolos On the spot Writing Beasiswa LPDP  
6.  Tips Menulis Essay Peranku Untuk Indonesia Beasiswa LPDP 
7.  Tips Menulis Essay Sukses Terbesar dalam Hidupku
8.  Tips Menulis Study Plan Beasiswa LPDP 
9.  Tips Menulis Research Plan
    Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 2016 - 2017 Reviewed by Kampung Inggris Bandung on 1:43 AM Rating: 5

    No comments:

    All Rights Reserved by Kampung Inggris Bandung - WE English © 2014 - 2017
    Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Powered by Blogger.