Tips Lolos on The Spot Writing Beasiswa LPDP 2016 - 2017 / Essay on The Spot - Kampung Inggris Bandung - WE English

INFO KURSUS

PROGRAM

Tips Lolos on The Spot Writing Beasiswa LPDP 2016 - 2017 / Essay on The Spot

Belajar Bahasa Inggris Intensif di Kampung Inggris Bandung
 WE English - Bandung
Kampung Inggris Bandung - Jl. Gegerarum Kota Bandung. Further info, Please click :
YouTube  I  Facebook  I  Twitter  I  Instagram  I  Foursquare  I  GoogleMaps



Penjelasan dan strategi lolos beasiswa LPDP lengkap silahkan buka,
Related Posts:
1.  "Intensive 100 Hours" TOEFL/IELTS Preparation, Job Int & Academic Speaking 2016
2.  Tips Lolos Administrasi Beasiswa LPDP
3.  Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 
4.  Tips Lolos LGD Beasiswa LPDP 
5.  Tips Lolos On the spot Writing Beasiswa LPDP  
6.  Tips Menulis Essay Peranku Untuk Indonesia Beasiswa LPDP 
7.  Tips Menulis Essay Sukses Terbesar dalam Hidupku
8.  Tips Menulis Study Plan Beasiswa LPDP 
9.  Tips Menulis Research Plan



Lulus Tahap Seleksi Administratif, tiba saatnya menghadapi tantangan selanjutnya di Seleksi Substansif yang terdiri dari pada penulisan Essay on the Spot, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara. Kita akan diberitahu apa saja yang harus dibawa ketika seleksi pada tahap inisial, jadwal dan tempat pelaksanaan, semuanya akan diberitahu melalui email diposkan LPDP. Ada peserta yang mendapat Jadwal LGD, Penulisan esai, dan wawancara hanya satu hari, Ada juga yang dua hari. Saya termasuk mendapat Jadwal dua hari. Hari pertama adalah penulisan esai dan LGD, Lalu hari kedua barulah Wawancara.

Menurut kisah Savitri Adeliapanitia akan membagikan selembar kertas untuk review menulis esai dan selembar soal. Perhatikan dan baca baik-baik petunjuk pengerjaan yang ada di soal tersebut. Setiap soal mempunyai kode. namun satu ruangan seluruh peserta mendapat kode soal yang sama. Ketika itu saya mendapat kode E. ada juga peserta yang mendapat kode H. Artinya, lpdp sudah menyiapkan banyak tipe soal.

Setiap soal terdiri dari 2 nomor pertanyaan dan peserta tidak harus menjawab keduanya, tapi hanya memilih shalat satu. masing-masing pertanyaan mempunyai ulasan singkat sebanyak satu paragraf pendek. Waktu yang diberikan kepada peserta untuk review menulis esai adalah 30 menit (sudah termasuk soal membaca).

Pertanyaan yang ada yang berbentuk soal-soal itu biasanya berhubungan dengan wacana terhangat sebelumnya saat ini ataupun yang pernah booming beberapa waktu sebelumnya. ketika seleksi kemarin, tema yang saya dapat untuk review penulisan esai suami adalah mengenai (1) revolusi yang jiwa digagas presiden jokowi dan (2) bonus demografi; sebuah tantangan ataukah bencana? saya memilih untuk review tema mengerjakan yang kedua.

Kriteria penilaian tes penulisan esai adalah penggunaan bahasa indonesia yang baik dan benar, ide / gagasan / solusi yang kita tulis, dan keselarasan antar paragraf. Dalam membuat esai, alangkah baiknya jika ada paragraf pembuka yang bersifat pengantar, paragraf-paragraf inti yang berisi pendapat kita mengenai tema yang kitd pilih itu, lalu terakhir di simpulan. Panitia tidak memberi batasan tertentu untuk review menulis esai. Jadi, seberapa panjang atau pendek esai terserah peserta masing-masing, yang terpenting ide yang kita tulis tersampaikan semua dan dapat selesai hearts waktu yang ditentukan (30 menit).

Sebelum mengikuti esai on the spot, ada baiknya jika kitd berlatih menulis dengan tema-tema isu terhangat yang sedang terjadi. berlatih dengan menggunakan stopwatch juga bisa membantu. sebelum tes, saya sering berkunjung ke portal berita secara online untuk review sekadar membaca berita-berita yang pernah nge-hits.

Jadi tips sederhananya adalah siapkan beberapa topik yang sedang hits lalu cobalah menganalisis dan tulislah dengan sistematis. Stretegi Mind Mapping yang diaplikasikan untuk menulis sangat bagus untuk membantu anda dalam mengembangkan suatu topik dengan banyak sudut pandang dalam waktu yang singkat.

Untuk memudahkan, sangat disarankan untuk membiasakan diri dalam menulis essay. Apalagi jika berniat meminta orang lain untuk membuatkan essay dari beberapa essay yang LPDP syaratkan. Sebaiknya pikir-pikir lagi. Mungkin ini juga salah satu cara LPDP untuk memastikan essay yang dikirimkan benar-benar ditulis sendiri oleh pelamar. Jadi cara terbaik adalah membaca isu-isu terkini di Indonesia kemudian belajarlah untuk membaca dan menuliskan dengan cepat.

Tentunya waktu yang diberikan untuk "On the Spot Essay Writing" sangat terbatas. Jika anda tidak terbiasa menulis, ini akan menjadi kesulitan tersendiri. Mungkin inilah saatnya bagi kita semua untuk membiasakan diri menulis.

Strategi Menulis Essay on The Spot
Untuk bisa menulis essay yang “berisi” tentunya harus memiliki bahan untuk dituangkan dalam tulisan. Kembali lagi, persiapan dengan membaca – baca kasus atau isu yang sedang hangat dibicarakan menjadi penting sekali. Sama dengan pengalaman menghadapi LGD, biasanya topik yang dipilih adalah topik yang sedang banyak dibicarakan.
Kita tidak perlu menjadi ahli yang tahu pemecahan dari setiap topik yang ada. Namun akan lebih baik bila kita sudah baca–baca pendapat para pakar dalam bidang tersebut di media massa. Di media massa yaa…. jangan di medsos yang seringkali diragukan kebenarannya itu… Sehingga dengan bahan dari bacaan yang tepat, kita bisa membangun opini yang didukung pendapat yang logis.

Seperti apakah essay yang diminta untuk dituliskan? Barangkali bagi yang pernah ikut test TOEFL iBT, akan tahu yang dinamakan “Independent Writing”. Kira – kira seperti itu. Kita akan diminta untuk memilih satu dari 2 topik yang diberikan, lalu menuliskan opini kita beserta alasan atau argumen yang menguatkan opini kita itu. Untuk lebih mudahnya, essay dapat dibagi dengan kerangka sebagai berikut:

Paragraf pertama, bisa kita tuliskan latar belakang dari topik yang diberikan secara umum. Paragraf ini bisa dikembangkan sendiri dengan kata–kata kita sendiri, sebagai pengantar untuk paragraf–paragraf selanjutnya. pendapat kita akan topik yang diberikan juga bisa dituliskan di paragraf ini.
Paragraf–paragraf yang di tengah essay bisa berisi penjabaran dari alasan atau argumen–argumen yang mendukung opini kita. Bisa juga diisi dengan contoh nyata dari alasan yang kita tuliskan.
Paragraf terakhir, sebaiknya berupa kesimpulan dari paragraf–paragraf sebelumnya.

Essay On the Spot (EOTS) berdasarkan pengalaman Edselivander
Untuk kalian yang daftar program studi ke LN, EOTS bakal pake bahasa inggris. Sedangkan untuk yang DN pake Bahasa Indonesia. Gimana sih EOTS yang bagus? Kriteria penilaian EOTS tuh intinya sebenarnya mirip kayak academic writing nya IELTS. Jadi kalo wirting kalian udah 6.5 sih beban hidup kalian udah berkurang 80%. 20% lagi itu kalian perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai isu-isu atau berita-berita yang lagi kekinian banget (bukan berita gosip ya tapi). EOTS ini bakal dikasih waktu 30 menit (udah sama baca soal).

Jadi menurut pengalaman gw kemarin itu, kita masuk ke dalam ruangan besar dan di dalem situ ada banyak kursi bermeja (kursi yang tipe nya ada meja nya). Urutan masuk nya dan nomor kursinya itu berdasarkan grup LGD, jadi kira-kira bakal ada 2-3 grup LGD di situ yang menjalani EOTS dan kalian gak mungkin kepisah sama temen segrup LGD kalian ketika mengerjakan EOTS. Akan ada pengawas di depan yang membacakan tata tertib dan memandu untuk mengisi data diri di lembar jawaban. Setelah pengawas bilang "30 menit dimulai dari sekarang!" maka kalian baru boleh memulai. Berikut tips n tricks nya menurut pengalaman saya :

Baca peraturan yang tertera di lembar soal dengan seksama. Jangan same salah sedikitpun, bisa berakibat fatal seperti tidak dikoreksinya essay anda. 
Akan ada 2 buah topik yang disajikan, anda harus pilih salah satu. Pilih topik yang anda KUASAI! 

Tidak ada jumlah kata maksimal dan minimal di EOTS. Yang ada hanyalah batasan waktu 30 menit, sehingga manfaatkan waktu sebaik-baiknya, essay jangan terlalu bertele-tele juga jangan terlalu singkat. 
Buat essay yang terdiri dari introduction, body, & conclusion. Intinya seperti academic writing IELTS, persis kayak gitu. Kalo yang sertifikasi bahasa inggris nya ambil TOEFL IBT saya kurang tau, mungkin bisa menyesuaikan, soalnya saya belum pernah ambil tes TOEFL IBT. 

Sekali lagi INGAT IELTS! jika pertanyaannya menghendaki jawaban agree/disagree maka pilihlah dimana kalian berpihak pada topik tersebut, jika yang ditanya adalah tope S (situation) maka jabarkanlah situasi yang ada sesuai fakta-fakta yang ada (ingat wawasan umum kita diuji di sini). Jika pertanyaan nya agree/disagree maka "menurut saya" essay yang bagus adalah jika intro nya berisi tentang parafrasa dari kaimat topik yang ada di soal dan memperlihatkan kecenderungan anda berpihak ke arah mana, baru kecenderungan, bukan keseimpulan anda memilih setuju atau tidak setuju. 

Lalu di bagian tubuh paragraf alangkah baiknya jika andra menjelaskan kedua belah pihak, jika setuju bagaimana dan jika tidak setuju bagaimana. Letakkan paragraf yang dimana anda berpihak di tubuh paragraf ke-2. Misal anda memilih untuk setuju, maka anda buat terlebih dahulu paragraf yang membahas ketidaksetujuan baru setelah itu paragraf yang setuju agar essay andra mengalir kepada kesimpulan akhir yang anda ambil. Barulah di tahap kesimpulan anda gunakan kalimat pernyataan dengan tegas apakah anda di pihak setuju atau tidak setuju, beri alasan kesimpulan singkat 1 kalimat untuk merangkum kenapa anda setuju/tidak setuju lalu tambahkan rekomendasi/saran ke depan untuk pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan topik essay anda misal pemerintah,pengusaha, kaum muda, dll. Kira-kira paragraf penutup anda cukup berisi 3 kalimat saja maksimal. 

Gunakan uncommon words. Jangan menggunakan kata bahasa inggris yang sama berulang kali, dua kali saja sudah warning. Tunjukkan anda kaya akan vocabulary sehingga juri LPDP akan menilai anda layak untuk bersekolah di luar negeri akibat kemampuan menulis anda. 

Sesuai yang sya janjikan di atas, berikut adalah topik-topik LGD dan EOTS yang keluar pada seleksi beasiswa LPDP batch 2 bulan April 2016 :   

LGD
1. Transportasi online vs konvensional
2. Abu sayyaf
3. Uber
4. Kasus pemerkosaan yy
5. Kenaikan tarif BPJS

Esai
1. UN untuk perbaikan
2. Reklamasi
3. LGBT
4. Global market
5. Demokrasi dan kebebasan berpendapat
6. Gojek
7. Migrant worker 
8. Access to renewable energy

BACA JUGA Topik-Topik Essay on The Spot dan LGD Beasiswa LPDP
Penjelasan dan strategi lolos beasiswa LPDP lengkap silahkan buka,
Related Posts:
1.  "Intensive 100 Hours" TOEFL/IELTS Preparation, Job Int & Academic Speaking 2016
2.  Tips Lolos Administrasi Beasiswa LPDP
3.  Tips Lolos Interview Beasiswa LPDP 
4.  Tips Lolos LGD Beasiswa LPDP 
5.  Tips Lolos On the spot Writing Beasiswa LPDP  
6.  Tips Menulis Essay Peranku Untuk Indonesia Beasiswa LPDP 
7.  Tips Menulis Essay Sukses Terbesar dalam Hidupku
8.  Tips Menulis Study Plan Beasiswa LPDP 
9.  Tips Menulis Research Plan

Reference :
https://edselivander.blogspot.co.id
http://savitriadelia.blogspot.co.id

Tips Lolos on The Spot Writing Beasiswa LPDP 2016 - 2017 / Essay on The Spot Reviewed by Kampung Inggris Bandung on 1:44 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Kampung Inggris Bandung - WE English © 2014 - 2017
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.